Teh Talua - Minuman Khas Masyarakat Minangkabau

source:sweetroema.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 22nd April 2015, 1:25pm
Rate this article 

Teh talua adalah sebuah minuman khas masyarakat Minangkabau. Minuman ini sangat akrab sekali dengan kehidupan sehari-hari masyarakat disana. Mulai dari kaum atas hingga kaum bawah semua meminumnya di setiap hari. Bahkan di warung-warung pinggir jalan tidak ada warung yang tidak menjual minuman yang satu ini. Apalagidi warung tradisional maupun restoran Padang. Semua pasti menyajikan minuman teh telur ini. Serupa dengan minuman kopi yang selalu menyertai banyak orang, teh talua di Minangkabau menjadi minuman yang sangat istimewa dan mendapat tempat yang luar bisa. Bahkan dalam sejarahnya, teh talua ini dulunya hanya diminum oleh kaum konglomerat dan borjuis.

Seiring dengan berkembangnya waktu kesan elegan dan prestisnya minuman ini berangsur-angsur berkurang, semua elemen masyarakat sudah bisa meminum teh telur ini. Seolah menjadi menu wajib, teh talua selalu menemani kaum muda dan tua dalam setiap acara yang mereka lakukan. Minuman ini dapat disajikan baik di pagi hari, siang hari maupun malam hari. Kalau di pagi hari biasanya akan bersanding dengan menu sarapan tradisional dari Minangkabau. Dan konon ceritanya teh talua ini dapat menambah stamina para peminumnya. Pernyataan inipun dibenarkan oleh masyarakat yang biasa rutin meminumnya. Para pekerja biasa meminum teh ini sebelum berangka kerja, agar stamina tetap terjaga hingga sore hari.

Minuman ini diracik khusus dengan campuran teh tradisional, gula dan telur. Semuanya diaduk hingga merata dan berbuih, selanjutnya baru diseduh dengan air teh panas atau air dingin dan ditambahkan susu kental manis. Perlu pembaca sekalian ketahui, telur yang digunakan sebagai bahan campuran ini adalah telur ayam kampung yang diambil kuning telurnya saja. Untuk mengurangi rasa amis dari telur ini ditambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit madu. Perpaduan rasa teh, susu dan telur sangatlah enak dan menyegarkan. Jika Anda suka meminum STMJ di Jawa pastinya akan menyukai minuman kaya gizi ini.

Dalam penyajiannya biasa digunakan gelas bening yang berukuran agak tinggi. Dari gelas bening inilah pembaca sekalian dapat mengetahui gradasi warna dari percampuran ketiga elemen tersebut. Paling bawah adalah campuran susu, tengah adalah campuran air teh dan yang paling atas adalah buih dari telur yang mengembang. Akan sangat apik ketika dipandang, jika Anda tahu teh tarik mungkin sedikit sama penampilannya. Soal rasa sangat jauh jika disandingkan antara teh tarik dan teh talua, dari segi komposisi sudah sangat jauh berbeda. Dalam kandungan 1 gelasnya saja bisa dibayangkan berapa nilai kalorinya, tak khayal memang kalau habis meminum teh ini stamina dan semangat akan bangkit lagi.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!