Tai Fu Sui - Minuman Legenda Dari Bangka

source:1.bp.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 27th May 2015, 1:28pm
Rate this article 

Namanya tak setenar makanan khas Pulau Bangka lainnya seperti otak-otak dan kemplang khas Bangka. Tetapi jangan dikira, meski jarang dipublikasikan secara luas, muniman khas masyarakat Bangka ini sangat populer di kalangan masyarakat disana. Baik anak kecil hingga orang dewasa semua menyukai minuman Tai Fu Sui ini. Minuman yang berbahan dasar utama kacang kedelai ini sangat disukai karena rasa yang oriental dan bernilai gizi tinggi untuk para penikmatnya. Dengan tanpa campuran apapun bahan utama kacang kedelai dimasak sedemikian rupa hingga mengeluarkan sari-sari terbaiknya. Nah, sari-sari itulah yang dijadikan bahan utama untuk disajikan menjadi sebuah minuman.

Dari segi nama mungkin terdengar seperti sebuah minuman dari keturunan Tionghoa, tetapi jangan berpikir jauh terlebih dahulu. Minuman khas Bangka ini adalah minuman yang orisinil dari masyarakat Melayu yang membuatnya. Mungkin dari segi nama mirip dengan bahasa-bahasa Tionghoa. Minuman ini populer di wilayah Pangkalpinang, masyarakat disana menyukai minuman ini karena rasa yang luar biasa dan kandungan gizi kedelai yang ada di dalamnya. Biasanya minuman ini disajikan di waktu santai ketika sore hari atau pada waktu istirahat kerja. Tidak perlu susah untuk mencari sajian minuman nikmat ini, banyak warung di tepi-tepi jalan Pangkalpinang yang siap menyambut Anda dengan minuman menyegarkan ini.

Serupa dengan minuman susu kedelai yang ada di Pulau Jawa, Tai Fu Sui juga menggunakan bahan yang sama dengan susu kedelai. Entah apa yang membedakan diantara keduanya tetapi beberapa masyarakat yang sudah mencoba kedua minuman ini menyuarakan pendapat yang berbeda. Mereka beranggapan bahwa Tai Fu Sui ini berbeda dengan susu kedelai yang ada di Jawa. Bisa saja dari bahan utama kedelainya yang berbeda atau cara pembuatan tradisionalnya. Sehingga didapatkan sebuah cita rasa yang khas ketika diminum.

Masyarakat Pangkalpinang menyebut orang-orang yang sedang meminum Tai Fu Sui ini dengan sebutan Musoi. Aktifitas musoi ini akan terasa sangat akrab jika ditemani gengan segelas Tai Fu Sui dan beberapa camilan khas Bangka lainnya. Biasa disandingkan adalah camilan otak-otak khas Bangka yang sungguh nikmat. Banyak rasa yang tersaji dalam minuman Tai Fu Sui ini, yang dominan dijual adalah rasa original dan rasa buah-buahan. Dari sekian banyak rasa yang ada, masyarakat Pangkalpinang lebih menyukai rasa yang original karna tekstur dan rasa kedelainya masih terasa natural.

Rasa segar seperti susu sangat melegakan sekali ketika diminum ketika siang hari atau sore hari ketika sedang istirahat. Kesegaran ini akan sangat membantu Anda meredakan panas dalam yang melanda ketika sedang terik matahari. Ada dua jenis cara meminumnya, jika Anda suka dengan tipikal minuman hangat Anda bisa meminta untuk dibuatkan Tai Fu Sui hangat sedangkan jika ingin yang rasa dingin bisa juga ditambahkan es untuk dicampurkan di dalamnya. Penasaran dengan rasa segar yang dihasilkan dari minuman sederhana ini, ayo segera datang ke Pangkalpinang untuk coba langsung di warung-warung Tai Fu Sui.



Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!