Soto Padang - Hidangan Berkuah Denga Kelas Internasional

source:commons.wikimedia.org
source:id.wikipedia.org
Written by Aditya Tri Hutama Posted 23rd March 2015, 12:52pm
Rate this article 

Soto padang mendapat predikat baik dengan beberapa kuliner khas Padang lainnya. Rendang, sate padang, gulai ikan dan soto Padang adalah satu kesatuan khazanah kuliner yang ada di Padang Pariaman yang sudah mendunia. Soto Padang sendiri sudah masuk restoran Padang di berbagai pelosok negeri dan dunia. Saking enak dan istimewanya soto ini, banyak orang rela untuk mengantri membelinya. Berbeda dengan soto yang ada di daerah lain, soto Padang mempunyai ciri khusus yakni selalu ada perkedel kentang di setiap mangkuknya.

Perkedel kentang, kuah soto bening, bihun, irisan daging sapi semua berpadu menjadi satu dalam sebuah mangkuk. Sajian inilah yang dinamakan soto Padang. Ciri khas lain yang bisa dilihat dari penyajiannya adalah jika soto lainnya daging sapi yang digunakan adalah daging rebusan, maka di soto Padang ini daging yang digunakan adalah daging sapi yang sudah digoreng kering. Daging-daging goreng inilah yang diiris kecil-kecil untuk dijadikan isian sotonya.

Lain dapur lain pula rahasia yang ada dalam setiap penyajiannya, pembaca sekalian juga harus paham bahwa soto Padang ini menggunakan daging bagian “has”. Daging ini sangatlah empuk jika dimakan, karena tekstur dari daging has memang tidak terlalu banyak urat. Saat dimakan daging pada soto ini sangatlah lunak dan enak ketika dikunyah. Ini sangat memudahkan bagi para penikmat lansia dan anak-anak. Semua kalangan jadi bisa menikmati sajian istimewa ini.

Penggunaan daging tenderloin ini memang didasarkan kepada kenyamanan penikmat saat mengunyah daging pada kuah soto. Jangan sampai dikata pada saat dimakan penikmat malah kesusahan untuk mengunyah daging karena teksturnya alot atau keras. Ini sangat menyusahkan sekali ketika terjadi. Beralih kepada kuah sotonya yang bening menawan ternyata memang diseting sedemikian rupa agar penikmat bisa makan dengan lahap. Ternyata kesegaran dan beningnya kuah soto ini didasarkan pada penggunaan bumbu pekak khas Padang. Jika soto kebanyakan menggunakan bumbu kari, soto Padang ingin menjadi pembeda dengan penyajian bening.

Enak, kuahnya segar, dagingnya lunak adalah tiga kata yang selalu terlontar dari sekian banyak penikmat yang sudah merasakan kuliner ini. Belum ditemukan poin minus dari kuliner yang sudah mendunia ini. Semakin banyak orang mencoba soto Padang akan semakin banyak pula orang yang jatuh hati. Semangkuk kecil dalam takaran tidaklah cukup untuk memuaskan hasrat makan untuk soto Padang ini. Perlu ditambah satu mangkuk lagi sebagai syarat pemuas yang lengkap. Jika Anda sudah tergiur dengan rasa dan penyajiannya yang menggoda, masih ingin berpikir ulang ? Ayo segera coba kuliner dari daerah Padang ini.




Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!