Soto Gading Solo - Presiden Rela Mengantri Untuk Makan

source:adelinatampubolon.wordpress.com
source:ejalista.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 5th May 2015, 1:45pm
Rate this article 

Soto Gading di Solo lekat dengan para pejabat dan Presiden Republik Indonesia. Beberapa kali warung soto gading di Solo ini didatangi oleh Presiden dan Mantan Presiden Republik Indonesia. Yang terkenal dari sekian banyak penjual soto gading adalah warung soto gading yang ada di Jalan Brigjen Sudiarta 76, saking istimewanya soto gading ini entah sudah berapa kali para pejabat dan Presiden kita yang mampir di kedai warung soto ini. Soto gading yang terkenal dengan soto ayamnya sangat populer di kalangan istana dari jaman ke jaman, tercatat Mantan Presiden Megawati Sekarno Putri, Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden saat ini Joko Widodo adalah penggemar kedai warung soto ayam ini.

Tidak ada yang istimewa sebenarnya dari bentuk bangunan kedai soto ini, dan tidak menonjolkan kesan mewah sama sekali. Dengan tempat yang sederhana dan lumayan bersih ternyata Sang Presiden pun rela untuk antri makan di kedai warung soto gading ini. Yang unik dan disukai di warung soto gading khas Solo ini adalah banyaknya aneka lauk pauk yang tersedia di warung soto ini. Setelah Anda memesan semangkuk soto gading, Anda akan dipertontonkan banyaknya aneka lauk yang bisa Anda tambah sesuka hati. Ada gorengan bakwan, tahu, tempe, sate usus, sate daging, empal, perkedel dan lauk pauk khas Jawa lainnya.

Sensasi menambah lauk pauk yang disukai menambah cita rasa sendiri dari sajian soto gading ini. Selain sotonya sendiri yang enak dan istimewa, tambahan berabgai lauk pauk ini menjadi variasi yang apik untuk menjadi teman makan. Perlu pembaca ketahui bahwa soto gading khas Solo ini berkuah bening nan segar. Sangat berbeda dengan Soto Lamongan atau Madura yang berkuah tidak bening. Kuah bening tersebut akan berpadu dengan isian suwiran daging ayam, taburan bawang goreng, mi soun, dantaburan daun seledri. Semuanya dicampur menjadi satu sehingga menjadi satu sajian utuh soto gading.
Rasa yang keluar dari sajian ini sangatlah lembut dan sangat enak kuah kaldunya. Tidak terasa berat sama sekali ketika diminum kuahnya. Memang karakteristik dari soto gading ini tidak menonjolkan rasa rempah yang pekat di dalam kuahnya. Itulah sedikit cirri khas dari soto gading ini. Kelebihan soto gading ini lebih mengedepankan rasa kuah kaldu ayam yang kuat tetapi tetap lembut ketika berpadu dengan isian sotonya. Suwiran daging yang digunakan sebagi isian juga tidak alot atau keras, sehingga enak dimakan tanpa ribet untuk menguyahnya.

Soto gading ini terasa lebih nikmat jika dipadu dengan sambal pedasnya, tambahkan beberapa sendok sambal ke dalam mangkuk soto Anda dan rasakan sensasi pedasnya. Jika Anda kurang lauk pauknya tinggal ambil saja beberapa lauk yang dipajang di depan Anda. Bisa soto ini disajikan bersama dengan sate atau tempe gorengnya. Untuk harganya, seporsi soto gading ini dibanderol dengan harga Rp.8000 saja, jika ingin menambah lauk pauk tinggal menambah Rp.1000 saja. Ingin tahu rasa original dari soto gading ini, ayo berkunjung ke Solo Jawa Tengah.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!