Sedapnya Sate Bulayak Khas Lombok

source:http://www.indonet.nl
source:http://ajourneyofdenikharyani.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 24th April 2014, 7:18am
Rate this article 

Pulau Lombok tidak hanya punya sajian kuliner Ayam Taliwang saja yang terkenal, ada satu lagi kuliner khas yang menjadi primadona masyarakat Lombok dan wisatawan yang berkunjung disana. Nama kuliner ini adalah Sate Bulayak, bulayak sendiri merupakan sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau enau. Bulayak ini nantinya akan menjadi pelengkap dari sate khas Lombok tersebut. Bentuk dari bulayak sendiri memanjang seperti lontong pada umumnya.

Menurut suku adat yang ada di Lombok, lontong atau bulayak ini dirasa lebih sedap dan berbau lebih khas daripada lontong dan ketupat pada umumnya. Rasanya lebih manis dan bentuknya lebih padat ketimbang lontong yang ada.

Untuk satenya sendiri banyak tersedia varian yang bermacam-macam, ada sate dengan daging ayam, daging sapi dan campuran jeroan. Berbeda dengan sate yang ada di daerah lainnya, Sate Bulayak terasa lebih gurih dan sedap karena sate khas lombok ini menggunakan bumbu khas Lombok. Beberapa bumbunya utamanya nanti akan dicampur dengan santan dan direbus bersama-sama. Bumbu yang berwarna kuning pucat inilah yang menjadi cikal bakal rasa gurih dari Sate Bulayak. Bila kebanyakan rasa sate manis dengan bumbu kacangnya, rasa sate khas ini terasa seperti sate dengan bumbu kari.

Kenikmatan Sate Bulayak ini akan terasa lebih nikmat dengan perasan jeruk nipis dan irisan cabe nan pedas. Sate Bulayak ini bertekstur halus dan bentuknya kecil tipis sehingga bisa dimakan dalam satu santapan saja. Rasa nikmat daging akan lebih gurih dengan lumuran bumbunya yang beraroma kari. Harga dari seporsi sate ini hanya Rp.15.000 saja. Dalam satu porsi ada 14 tusuk sate dan beberapa potongan bulayak yang juga disediakan secara bersamaan. Untuk menemani santapan Sate Bulayak ini, ada baiknya Anda memesan pula minuman pelengkap yakni es kelapa muda yang menyegarkan. Perpaduan makanan dan minuman yang pas jika keduanya disantap bersama-sama.


Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!