Sagon Bakar - Makanan Gurih Nan Manis Legit

source:bp.blogspot.com
source:tokopedia.net
Written by Aditya Tri Hutama Posted 16th June 2015, 2:43pm
Rate this article 

Anak muda jaman sekarang mungkin sudah pasti tidak tahu menahu apa itu sagon dan apa itu sagon bakar. Era sekarang memang sangat jarang ditemui camilan kuno yang satu ini. Sagon yang dulunya identik dengan acara-acara sakral keagamaan dan perayaan rame-ramean di tanah Jawa sudah sangat jarang ditemui di era modern ini. Entah si pembuatnya yag sudah tidak membuat atau mungkin sudah tidak ada pasar lagi untuk menjajakan makanan ini. Hanya di kawasan Provinsi Jawa Tengah saja yang masih bisa terlihat beberapa penjual camilan kuno seperti sagon ini masih dijajakan.

Warung-warung kuno di kawasan Yogyakarta masih sedikit menjual sagon dan sagon bakar sebagai menu pelengkap sajian camilan tempo dulu ini. Kue yang sejatinya adalah kue tradisional khas Yogya ini sudah sangat tergeser dengan menu-menu tradisional lainnya yang juga pasang surut keberadaanya. Rasanya yang oriental dan sederhana menjadikan camilan ini masih saja digemari penikmatnya yang kebanyakan tidak terlalu suka camilan manis ataupun asin. Sederhana sekali rasa dari kue sagon ini. Gurih, sedikit gosong, dan ada sedikit manisnya menjadikan rasanya berpadu apik ketika di makan.

Berbahan dasar tepung ketan dan kelapa parut serta sedikit garam sudah pasti camilan ini mempunyai rasa dominan gurih. Tidak teralalu aneh-aneh dalam proses produksi dan penyajiannya. Setelah bahan-bahan utama tersebut siap di produksi maka oven lah bahan-bahan yang sudah siap tersebut untuk mematangkan tepung beras dan campuran kelapanya. Dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk memanggang dari si sagon bakar ini. Cukup beberapa menit saja, sagon bakar sudah siap untuk disantap. Tambahkan sedikit gulu pasir di atas camilan ini dan sudah siap untuk disantap.

Di era kejayaanya sagon bakar biasa disandingkan dengan minuman teh atau kopi. Kegiatan bersantai tidak akan pernah luput dari sasaran sajian bercitara gurih ini. Rasa legit dengan teksturnya yang masih kress menjadikan banyak orang dulu menyukai camilan sederhana ini. Aroma bakar dan sedikit gosongya juga menjadi sesuatu hal yang mengenakkan jika dimakan bersama-sama. Unik sekali camilan yang satu ini yah pembaca sekalian. Untuk orang-orang tua yang tidak mempunyai gigi yang sudah tidak kuat menguyah lagi  biasa mereka mencocolkan sagon bakar ini ke dalam teh hangat untuk melunakkan bagian-bagian luarnya.

Tertarik dengan camilan super gurih sagon bakar ini, silahkan dicari warung-warung yang masih menjajakan camilan khas Yogyakarta ini. Atau kalau tidak sempat untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta, Anda bisa membuatnya sendiri dengan bantuan sang ibu tersayang. 


Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!