Rujak Soto - Kuliner Lezat Yang Tiada Duanya

source:wisata.kompasiana.com
source:junantoherdiawan.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 15th April 2015, 1:55pm
Rate this article 

Banyuwangi memang tidak henti-hentinya membius wisatawan yang hadir ke daerah ini. Tak puas hanya dengan wisata panorama pantainya, Banyuwangi kini hadir dengan beragam wisata kuliner yang tidak kalah unik. Nah, kali ini penulis akan memberikan paparan mengenai satu kuliner khas Banyuwangi yang terkenal hingga ke seantero penjuru Nusantara. Namanya adalah rujak soto, sedikit ambigu mungkin untuk sebagian orang yang belum pernah mencicipi atau melihat langsung seperti apa rujak soto ini.

Di salah satu kedai di Banyuwangi ada sebuah kedai bernama Losari yang menyediakan menu kuliner unik rujak soto. Jika Anda membayangkan rujak dengan potongan buah-buah manis dan masam tidaklah seperti itu ternyata. Jauh sekali dari imajinasi liar Anda. Rujak soto ini adalah perpaduan antara rujak dan soto, keduanya akan tersaji bersama dalam 1 mangkuk. Proses penyajianya sendiri dimulai dengan penyajian rujak lontongnya. Ada beberapa isian dalam rujak ini, ada timun, tempe goreng, sayuran pecel, dan bumbu kacang. Setelah itu, masuk proses kedua yakni menuangkan kuah soto kuning beserta isinya.

Kuah soto kuning yang disiramkan tersebut sudah ada isian daging dan jeroan sapi seperti kikil,babat, usus dan berbagai macam jeroan lainnya. Dari sinilah sensasi dimulai, rasa rujak akan bercampur padu dengan soto beserta isi-isinya. Tak perlu khawatir dengan rasa dan cara memakannya, tinggal diaduk saja rujak soto ini dan bisa langsung disantap. Sedikit aneh mungkin iya, tetapi setelah Anda merasakan sesuap demi sesuap pasti akan terasa nikmatnya sajian khas masyarakat Osing ini. Bumbu kacang dengan teksturnya akan sangat bersahabat dengan kuah soto yang gurih. Sedangkan isian rujak juga akan berpadu dengan daging kikil yang ada di dalamnya.

Biasanya rujak soto ini akan bersanding dengan kecap manis, perasa jeruk, sambal terasi dan kerupuk udang. Rasa enak, nikmat sudah pasti menjadi tolak ukur untuk kuliner yang satu ini. Dan untuk melepas dahaga setelah berpanas-panas menyantap rujak soto ini, Anda bisa memesan minuman pelepas dahaga dari kuliner ini. Biasa pemilik restoran akan memberikan rekomendasi untuk mencoba es temulawak. Untuk menyegarkan kembali tenggorakan Anda, es temulawak adalah kuncinya.  Untuk Anda pecinta kuliner dan ingin mencicipi sajian khas Banyuwangi ini, Anda diharuskan merogoh kocek yang tidak terlalu besar. Hanya Rp.10.000 saja pembaca sekalian, sangat murah untuk sebuah sajian otentik.



Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!