Rawon - Kuliner Tradisional Rasa Istimewa

source:duniainter.net
Written by Aditya Tri Hutama Posted 9th April 2015, 2:46pm
Rate this article 

Bagi masyarakat Jawa Timur, kuliner yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk kehidupan sehari-hari masyarakat disana. Rawon menjadi kuliner paling akrab bagi sebagian masyarakat yang ada di wilayah Jawa bagian timur ini. Di setiap momen besar keluarga dan acara-acara akbar selalu hadir menyertai berlangsungnya acara tersebut. Mulai acara pernikahan, acara kenduri hingga acara penting kenegaraan turut hadir menyertainya. Masakan berbahan dasar daging ini menjadi istimewa dan sangat diminati oleh semua kalangan. Mulai dari masyarakat biasa hingga masyarakat kelas atas bahkan sampai Presiden Republik Indonesia sendiri.

Menjadi legendaries dan sarat makna menjadikan rawon bernilai lebih ketika sudah disajikan oleh suatu restaurant atau warung ramai di tepi jalan. Harga sudah bukan menjadi alasan lagi untuk sebuah kuliner enak dan istimewa ini. Banyak ditemui warung dan restaurant rawon di tepi-tepi jalan Pantura yang menyediakan sajian sup daging hangat ini. Rawon menjadi khas bagi para penikmatnya karena bumbu kuah rawon ini mengandung rempah yang dapat menghangatkan badan juga. Dengan bumbu khas kluwek masakan tradisional ini menjadi lebih berwarna dan beraroma menyegarkan.

Rawon biasa disajikan dengan nasi putih hangat dengan taburan kecambah sebagai  pelengkap sayurannya. Ada juga tambahan telur asin serta sambal terasi untuk semakin menyemarakkan sajian kuliner ini. Semua bercampur aduk dalam satu piring yang ketika dimakan bersama-sama akan menimbulkan rasa yang luar biasa. Ada berbagai macam jenis rawon yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ada rawoniga sapi, ada rawon buntut, ada rawon lidah, rawon limpa, rawon paru, dan rawon daging kerbau. Anda tinggal memilih menyukai jenis yang mana. Tetapi yang paling kentara dari kuliner ini adalah warna kuahnya selalu hitam.

Rasa hangat setelah makan sajian kuliner ini disebabkan campuran rempah-rempah yang ada di dalam kuliner ini. Beragam bumbu rempah berpadu menjadi satu dalam satu tungku masak. Sajian ini cocok sekali jika disantap ketika sedang dalam cuaca dingin atau hawa dingin datang. Kuah hangat dari rawon akan menghangatkan tubuh Anda dengan cepat, apalagi Anda menambahkan banyak sambal terasi di dalam piring sajian rawon tersebut. Pastinya keringat akan mengucur deras dari dahi Anda. Untuk urusan daging isiannya tak perlu diragukan lagi, daging isian rawon dijamin empuk dan enak dimakan. Dengan proses memasak yang lama dari kuliner rawon ini, menyebabkan daging sapi yang ada pada rawon menjadi lunak.

Jika Anda penasaran dengan harga seporsinya, cukup dengan Rp.10.000 hingga Rp.25.000 saja pembaca sekalian. Seporsi rawon ini sudah sangat enak dan istimewa. Anda bisa menemui warung-warung Rawon terkenal di seputaran Pantura Jawa Timur, dan penulis merekomendasikan untuk berkunjung ke Rawon Nguling yang melegenda.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!