Mie Gomak - Spaghetti Ala Tanah Batak

source:http://indonesia.travel
source:http://dentistvschef.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 5th June 2014, 3:36am
Rate this article 

Mie Gomak namanya tak setenar Spaghetti, makanan khas Tano Batak ini adalah makanan yang sangat familiar dan disukai warga Batak dimanapun mereka berada. Mie Gomak menjadi sangat favorit karena mie menjadi makanan yang kapanpun bisa dimakan dan dimasak dengan mudah oleh masyarakat Tanah Batak. Kuliner asli Suku Batak ini disebut "Gomak" karena pada saat penyajiaanya mie tersebut di aduk-aduk atau digoma-gomak. Mie Gomak dibuat dan disajikan dengan diaduk-aduk dengan tangan biasa, mulai dari pengambilan di baskom sampai diletakkan di piring saji santapan.

Mie Gomak ini biasa disajikan dan disantap warga Batak pada saat sarapan atau makan siang. Mudah sekali untuk menemui depot atau warung Mie Gomak di Tanah Batak ini. Mulai dari Siantar, Toba Samosir, Tapanuli hingga ke Pulau Samosir pun Anda dapat menemui dengan mudah mie khas Suku Batak ini. Mie Gomak sendiri memiliki bentuk dan tekstur yang hampir sama dengan mie-mie spaghetti yang ada di Italia, yang berbeda dari Mie Gomak ini terasa lebih nendang dan kenyal ketika dimakan tetapi mudah putus juga ketika digigit. Teksturnya tidak terlalu keras juga tetapi juga tidak lembek.

Mie Gomak ini disajikan dengan kuah mirip dengan kuah gulai lengkap dengan santan yang kuat aromanya. Rasa yang timbul dari kuah ini sendiri jelas dominan dengan rasa gurih dan sedikit asin. Selain rasa gurih dan asin,aroma juga sangat kentara dari rempah-rempah yang ada di kuahnya. Aroma andaliman dan kincung sangat terasa juga di kuah Mie Gomak ini. Rasanya enak, gurih, dan pedas menjadi satu rasa yang tak terlewatkan. Mie Gomak disajikan juga dengan tambahan lauk seperti telur ayam dan kerupuk.

Di setiap daerah Mie Gomak sudah bertransformasi dengan berbagai tipe dan kuah untuk disajikan bersama-sama dengan mie nya. Ada kuah yang ditambahkan dengan Tauco sebagai pelengkap kuahnya,dan ada juga kuah yang menyerupai rendang. Harga dari seporsi Mie Gomak ini cukup terjangkau dan murah, harga berkisar Rp.10.000-,sampi Rp.15.000-, tergantung juga dengan tambahan lauk pelengkap yang Anda pilih saat menyantap.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!