Masakan Khas Kota Surabaya Yang Melegenda

source:kampungwonokitri.blogspot.com
source:citilinkstory.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 27th January 2015, 3:10pm
Rate this article 

Lontong balap adalah masakan khas Kota Surabaya yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Lontong balap diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Masakan yang terkenal dengan cerita uniknya ini sangat populer karena rasa dan perpaduan yang asik ketika disantap. Lontong balap yang berbahan dasar taoge, tetelan daging dan tahu goreng ini terasa nikmat meski hanya terlihat sederhana. Dengan tambahan lontong, lentho, bawang goreng dan siraman kuah segar menjadikan lontong balap selalu menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Surabaya.

Menikmati lontong balap tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran sate kerang yang selalu menyertainya. Sate kerang selalu hadir untuk menambah cita rasa dari gurihnya si lontong balap. Rasa kenyal-kenyil dari sate kerang akan menambah lezatnya lontong balap yang beraroma segar dan gurih. Rasa petis tradisional yang ada di dasar kuah lontong balap juga mendukung rasa gurih yang timbul dari hidangan ini. Lengkap sudah campuran yang ada di lontong balap ini. Rasa gurih, pedas, segar dan manis beradu dalam sebuah hidangan sederhana di sebuah piring.

Konon ceritanya lontong balap Surabaya bisa melegenda tidak lepas dari cerita asal usulnya. Dahulu kala penjual lontong balap ini selalu bergerak cepat seolah-olah mereka sedang melakukan perlombaan lari. Gerakan cepat dari para penjual lontong balap ini bukan tanpa alasan, penjual bergerak cepat agar pikulan wadah kuali tidak terasa berat ketika dipikul. Dengan ukuran kuali besar yang berisi kuah dan gentong tanah liat yang berat menjadikan penjual harus berlari cepat agar tidak cepat lelah. Gerakan inilah yang menginspirasi nama lontong balap terkenal hingga kini.

Seiring berkembangnya waktu, penjual lontong balap tidak lagi menggunakan cara tradisonal untuk menjajakan masakan khas Kota Surabaya ini. Kuali tanah liat sudah ditinggalkan dan berganti dengan panci besi berukuran besar. Tidak hanya itu penjual lontong balap juga tidak harus berlari-lari lagi ketika menjajakan masakannya. Tempat permanen dan tidak nomaden dipilih  untuk memanjakan para pembeli yang ingin bersantap santai. Dari sekian banyak warung atau tempat penjual lontong balap, ada satu tempat yang paling ramai dan bisa dijadikan rekomendasi untuk pembaca sekalian. Lontong balap Pak Gendut namanya, lontong balap Pak Gendut ini sangat fenomenal di kalangan wisatawan yang datang ke Surabaya.

Saking terkenalnya, lontong balap Pak Gendut biasa didatangi artis dan tamu-tamu istimewa ketika sedang menjajakan masakan di warungnya. Alasan utama dari para pembeli merekomendasikan lontong balap Pak Gendut ini adalah karena rasa lontong balap Pak Gendut sangat pas dan cocok untuk lidah para pembeli. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang nikmat pastinya pembaca sekalian rela untuk antri dengan pembeli lainnya hanya untuk merasakan nikmatnya lontong balap ini. Meski sudah tidak lagi dipikul menggunakan kuali tanah liat, bukan berarti rasa lontong balap ini berkurang. Rasa tetap saja sama dari beberapa dekade lampau. Penasaran dengan rasa khasnya, ayo segera kunjungi warung-warung lontong balap yang ada di Surabaya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!