Kemplang - Si Garing Bernilai Gizi Tinggi Dari Bangka

source:tokopedia.com
source:en.wikipedia.org
Written by Aditya Tri Hutama Posted 30th March 2015, 2:00pm
Rate this article 

Anda menyukai camilan garing nan bernilai gizi tinggi, jika iya tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mencicipi makanan khas Bangka yang satu ini. Namanya adalah kemplang, camilan khas dari Kepulauan Bangka Belitung ini masuk diantara makanan khas Bangka Belitung yang sangat diminati oleh masyarakat diluar Bangka itu sendiri. Dengan melimpahnya sumber daya bahari dan hasil olahan lautnya yang tidak ada duanya, masyarakat Bangka Belitung mencoba menjadikan hasil olahan laut tersebut sebagai bahan utama untuk membuat camilan yang berkualitas dan bernilai gizi tinggi.

Kemplang dibuat untuk menjawab makanan sehat dan bergizi di Kepulauan ini, saking melimpahnya bahan olahan laut di pulau ini masyarakat disana kehabisan akal untuk mengolah bahan laut ini. Sampai pada akhirnya dibuatlah sebuah camilan berbahan dasar  ikan tenggiri yang dibuat menyerupai keripik garing yang nikmat. Tidak hanya ikan tenggiri saja yang dijadikan bahan olahan camilan garing ini, ada hasil olahan lain seperti udang dan cumi-cumi yang dijadikan bahan utamanya. Bisa dibayangkan cita rasa yang dihasilkan dari renyahnya kuliner ini. Tidak hanya mengejar rasa gurihnya saja, nilai gizi juga ditonjolkan dari jajanan yang satu ini.

Dengan bentuk bulat dan pipih, kemplang sangat khas dan familiar di lidah masyarakat Bangka dan Indonesia. Rasa gurih, renyah, dan masih beraroma ikan tenggiri menjadikan camilan ini disukai semua kalangan. Bisa disajikan begitu saja sebagai camilan ringan atau bisa juga dijadikan camilan pendamping makan. Sangat flexibel sekali camilan yang satu ini. Biasanya kemplang khas Bangka ini disajikan dengan sambal terasi yang pedas dan manis. Sambal ini biasa dicocolkan sebagai pelengkap makan kemplang. Rasa gurih, renyah akan berpadu dengan pedasnya sambal terasi khas Pulau Bangka. Perpaduan yang tiada duanya untuk camilan yang luar biasa ini.

Jika Anda ingin membeli camilan kemplang di Bangka ada satu tempat yang sangat direkomendasikan oleh masyarakat Pulau Bangka. Anda bisa membeli kemplang paling enak di Kampung Gedong, kampung ini adalah kampung pembuat kemplang yang paling legendaris yang pernah ada di Pulau Bangka.  Kampung ini sudah ada 300 tahun yang lalu dan sudah membuat kemplang berpuluh-pulub tahun lamanya. Untuk mendapatkan kemplang asli Belinyu ini Anda bisa datang ke Kampung Gedong. Harganya sangat terjangkau sekali, hanya Rp.20.000 saja untuk setiap plastiknya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat ini membeli dalam jumlah yang banyak. Wisatawan membeli banyak untuk dijadikan oleh-oleh khas Bangka selain Otak-otaknya yang juga melegenda.




Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!