Kapau - Nasi Ramas Khas Sumatera Barat

source:en.wikipedia.org
source:jenzcorner.net
Written by Aditya Tri Hutama Posted 11th February 2015, 2:22pm
Rate this article 

Sumatera Barat tidak hanya dikenal dengan Nasi Padangnya saja Loh pembaca sekalian, masih ada satu kuliner yang tidak kalah tenarnya juga di daerah ini. Nasi Kapau namanya, nasi ramas khas Nagari Kapau ini adalah nasi khas yang mudah ditemui di daerah Sumatera Barat. Banyak orang sulit membedakan antara Nasi Padang dan Nasi Kapau, untuk orang-orang yang tidak teliti mungkin bisa saja disamakan. Beda halnya jika Anda penikmat kuliner sejati pasti Anda akan satu suara memberikan pendapat bahwa kedua masakan ini berbeda. Nasi Kapau biasa disajikan dengan nasi ramas denga sambal, lauk pauk dan siraman gulai ruihnya. Terasa sama memang jika dibandingkan dengan Nasi Padang yang biasa Anda temui di pinggir-pinggir jalan. Untuk tahu dan membedakan keduanya hanya dengan satu cara sederhana, cicipi masakan tersebut dan cari perbedaan diantara keduanya.

Untuk menyingkat waktu dan menjawab rasa penasarn Anda, berikut ini penulis akan memberikan perbedaan mendasar dari kedua masakan khas Minang ini. Perbedaan pertama dari Kapau dan Padang adalah pemakaian parutan kelapa. Parutan kelapa yang melimpah di setiap masakan Nasi Kapau terlihat mencolok dibandingkan dengan Nasi Padang yang biasa Anda temui. Para pemilik warung Nasi Kapau sepakat bahwa pemakaian kelapa parut yang banyak digunakan untuk memunculkan rasa gurih yang meledak-ledak ketika disantap. Selain gurih penambahan parutan kelapa juga memberikan kesan enak dan menambah nafsu makan tentunya.

Perbedaan kedua yang paling mendasar adalah penggunaan kentang pada bumbu rendang yang digunakan di setiap masakannya. Penggunaan kentang yang dipotong-potong dan dimasukkan di bumbu rendang inilah rahasia dari kenikmatan Nasi Kapau yang tidak terlihat. Keidentikan penggunaan potongan kentang inilah salah satu perbedaan yang kadang sulit dilihat oleh para penikmat yang sudah kalap untuk menyantap makanan. Selanjutnya yang juga berbeda diantara Kapau dan Padang adalah pengolahan daging yang digunakan di masakan ini. Untuk Nasi Kapau semua pengolahan daging yang dijadikan bahan olahan terlebih dahulu harus dibakar hingga akhirnya dibuat untuk olahan masakan utuh. Teknik bakar daging yang dilakukan pada Nasi Kapau ini menjadikan aroma daging akan sangat berasa sekali ketika disantap.

Keistimewaan dari Nasi Kapau tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, rasa gulai dan rasa daging berpadu menjadi sebuah ikatan yang sungguh luar biasa ketika disantap bersama-sama. Terlebih lagi masih ditamhah dengan kuah cubadak atau nangka yang menjadi ciri khas masakan Nasi Kapau. Ada beragam jenis gulai yang bisa Anda pilih sesuka hati di warung-warung Kapau di Sumatera Barat ini, ada gulai usus sapi, ada gulai ikan, gulai tunjang, gulai cancan dan gulai babat. Selain pilihan gulai yang beranekaragam jangan lupa pula untuk memilih pilihan lauk pauk yang siap bersanding di piring makan Anda. Tercatat kurang lebih ada 40 jenis lauk pauk  yang bisa Anda pilih. Diantaranya yang nikmat adalah ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendengn balado, belut goreng, itiak lado ijau, ayam goreng, ayam lado ijau, rending daging dan ayam. Pasti bingung kan untuk memilih lauk pauk yang tersedia !

Untuk bisa menyantap gurih dan enaknya sajian sedap khas Minang ini Anda harus merogoh kocek senilau Rp.10.000 hingga Rp.40.000 tergantung jenis gulai dan lauk pauk yang Anda pilih. Jika sudah tergiur dengan kenikmatannya, jangan berlama-lama untuk pikir panjang dan membelinya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!