Gurihnya Telur Asin Khas Brebes

source:http://www.goindonesia.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 23rd May 2014, 4:53am
Rate this article 

Dari sekian banyak telur asin yang ada di Indonesia hanya satu telur asin yang kesohorannya sudah dikenal banyak masyarakat Indonesia, tidak lain dan tidak bukan adalah telur asin Brebes. Telur asin ini dinilai oleh banyak penikmat adalah telur asin ternikmat dan tergurih yang ada di Indonesia, tidak heran pula kalau masyarakat Indonesia banyak yang mengetahui dan sudah merasakan gurihnya telur asin khas Brebes ini. Telur asin buatan masyarakat Brebes ini tidak hanya mengedepankan hasil olahan yang banyak tetapi kualitas dari bahan baku telur asinnya juga sangat diperhatikan. Menurut beberapa sumber, telur bebek yang digunakan sebagai bahan baku telur asin ini menggunakan telur bebek organik yang tidak terkontaminasi bahan kimia sedikit pun. Makanan dari bebek-bebek ini hanya makan padi di sawah dan tempat memeliharanya juga di alam bebas.

Ciri khas dari telur asin asli Brebes adalah bisa dilihat dari warna kulit luar telurnya, bisa dipastikan warnanya adalah hijau kebiruan. Ini menandakan bahan baku telurnya berasal dari telur bebek pelari atau biasa disebut (Anas platyrhynchos domesticus). Ciri khas lainnya yang menjadikan telur asin ini istimewa adalah telur asin ini kuning telurnya berwarna jingga terang hingga kemerahan. Ini menandakan kualitas kuning telur yang ada sangat bagus dan tingkat kekeringan telurnya juga tidak terlalu basah.

Dari sebagian ciri-ciri telur diatas bisa disimpulkan bahwa telur asin Brebes memang tidak ada duanya, karena dari ciri-ciri tersebut nantinya akan berpengaruh dirasa pula. Ketika telur asin tersebut terlalu basah dan berbau amis tentu rasa dan tekstur dari telur tersebut akan berubah total. Dan yang paling terpenting adalah rasa asin yang timbul dari telurnya tidaklah menyengat, telur asin yang berkualitas mempunyai rasa asin yang tetap natural atau biasa disebut masir.

Jika Anda sedang lewat di daerah Brebes sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh telur asin khas ini, harganya cukup terjangkau. Dengan isi 10 biji yang masih dilumuri bubuk bata merah harganya adalah sekitar Rp.35.000-, dan untuk telur asin matang yang sudah direbus berharga Rp.38.000-,

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!