Asinan Bogor Yang Menjadi Primadona Masyarakat Indonesia

Written by Aditya Tri Hutama Posted 19th May 2015, 1:10pm
Rate this article 

Kota Bogor tidak hanya terkenal sebagai Kota Hujan saja, Bogor juga terkenal dengan penganannya yang legendaris. Asinan Bogor begitu orang-orang menyebutnya. Entah apa yang mencirikan asinan ini menjadi sangat terkenal di wilayah Kota Bogor. Makanan yang terasa asin dan asam ini sangat diminati masyarakat dari seluruh penjuru pelosok negeri. Apalagi para wanita yang sangat menyukai penganan berbahan dasar buah dan sayur ini.Cara pembuatan yang sederhana tidak menjadikan asinan Bogor ini terasa sederhana juga.

Resep turun temurun pengolahan sistem “pengacaran” adalah salah satu resep dari terjaganya mutu asinan ini. Melalu pengasinan dengan garam dan pengasaman dengan cuka menjadikan sayur dan buah pilihan yang dijadikan bahan baku dapat terasa lebih menyegarkan dengan efek perpaduan rasa asin dan masam. Menurut para penjual, asinan mirip sekali dengan rujak buah atau sayur. Yang membedakan dari dua penganan ini hanya terletak pada penyajiannya saja. Jika rujak buah/sayur disajikan segar, akan tetapi bahan asinan disajikan dalam keadaan asin atau diacar. Rasa keduanya juga sangat berbeda ketika disantap.

Untuk jenis dari asinannya sendiri, asinan Bogor mempunyai dua jenis dan tipe. Ada asinan sayur dan asinan buah. Campuran sayur dan buah segar disajikan dengan kuah cuka sehingga rasa semakin kuat. Untuk isian sayurnya sendiri ada kol, tauge, wortel, sawi asin dan tahun. Kemudia isian sayur ini akan diguyur dengan kuah asinan yang rasanya pedas dan asem. Perpaduan segar, pedas dan asam inilah yang banyak dicari oleh banyak orang sebagai pelengkap kepuasan dalam menyantap asinan.

Sedangkan untuk jenis asinan buah isiannya meliputi potongan papaya, bengkuang, jambu air, nanas, mangga dan pala. Sama halnya dengan asinan jenis sayur, asinan buah juga diguyur dengan kuah merah yang rasanya asam dan pedas. Beberapa pengunjung juga sering menambahkan kacang tanah dan kerupuk kuning sebagai pelengkap makanan ini. Jika rasa asinan sayur hanya berkutat pada rasa pedas, asam beda halnya dengan asinan buah. Ada beragam rasa dan tekstur yang muncul dari perpaduan buah-buah segar tersebut. Ada manis,masam,segar,dan tekstur keras hingga lunak.

Untuk harga seporsi dari kedua jenis asinan Bogor ini cukup murah pembaca sekalian. Hanya Rp.15.000 saja yang Anda keluarkan untuk menyantap seporsi penganan jadul ini. Bisa disantap di tempat atau dibungkus untuk dimakan di rumah. Penasaran dengan cita rasa dari asinan legendaries ini, ayo berkunjung ke gerai dan warung penjual asinan yang ada di Bogor.
 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!