Tortor Batak Toba - Tarian Purba Dengan Keunikan Khas Ala Batak

source:http://www.chip.co.id
Written by Nena Nikita Posted 21st March 2014, 1:23pm
Rate this article 

Indonesia dengan berbagai kekayaan seni dan budaya layak mendapatkan acungan jempol, pasalnya di negara- negara seluruh dunia hanya Indonesia yang unik dengan segudang adat-istiadat dan berbagai kesenian yang tak terhitung jumlahnya. Tari tortor menambah satu daftar kekayaan yang berada di Indonesia.

Tarian tortor adalah sebuah seni tari yang unik berasal dari Sumatera Utara, lebih tepatnya tarian khas suku Batak Toba. Nama tortor diambil dari makna hentakan kaki sang penari di atas rumah adat suku Batak. Tarian ini diiringi dengan alat musik gondang sebagai tanda ritme tarian. Gerakan sang penari akan selalu mengikuti bunyi alat musik gondang ini.

Tarian ini secara fisik adalah sebuah seni tari tetapi secara makna adalah simbol komunikasi gerakan. Gerakan yang ada dalam tarian ini merupakan media komunikasi partisipan upacara. Dahulunya, tarian tortor biasa dipentaskan dalam acara-acara tertentu seperti acara kesembuhan, kematian, pesta muda- mudi, dan panen. Selain sebagai sebuah tarian, tortor juga merupakan bentuk pesan ritual. Ada 3 pesan ritual yang dibawa oleh tari tortor ini. Pertama adalah makna takut pada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga setiap akan memulai upacara tarian ini maka akan mempersembahkan musik untuk Tuhan. Kedua adalah persembahan untuk pada sesepuh atau orang-orang terhormat kalangan masyarakat yang telah meninggal maupun yang masih hidup. Dan yang ketiga adalah pesan untuk orang-orang yang hadir dalam acara itu. Setelah itu barulah memasuki tema upacara yang akan mempertunjukkan tarian tortor sebagai persembahan.

Tarian tortor senantiasa ditampilkan bersama dengan iringan alat musik gondang yang iramanya menyentak-nyentak. Sehingga tarian ini juga bermakna sebagai penyemangat diri, makanan jiwa dan sebagai hiburan. Durasi dalam tarian tortor inipun beragam, tergantung pada segolongan orang yang memimpin upacara ini. Menurut sejarah, dahulu tarian tortor adalah sebagai acara ritual yang dianggap sakral. Jenis tariannya pun bermacam. Ada yang disebut sebagai tarian tortor pangurason atau disebut juga sebagai ritual kebersihan. Biasanya sebelum tarian dimulai tempat yang akan dijadikan menari terlebih dulu dibersihkan dengan menggunakan media jeruk purut. Setelah itu barulah acara pesta dapat dimulai. Kemudian ada juga tari tortor sipitu cawan yang artinya adalah tari tujuh cawan, yang biasanya digelar untuk mengukuhkan derajat sang raja.

Ada juga tari tortor tunggal panaluan, tarian ini biasanya dipentaskan ketika sebuah desa mendapatkan musibah. Kemudian para dukun akan menari tortor agar mendapatkan petunjuk untuk melepaskan desa dari musibah. Ada juga tortor sigale-gale, yang digambarkan sebagai seorang raja yang sedih kehilangan anaknya karena suatu penyakit.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!