Mengenal Kembali Tari Poco-poco

Written by Riyan Adiyahasya Posted 2nd March 2013, 11:59am
Rate this article 

Siapa yang tidak mengenal tarian yang satu ini. Tari Poco-poco merupakan tarian asli Indonesia yang populer sejak tahun 2000-an. Gerakannya yang relatif mudah sekaligus menyehatkan, menjadikan tarian ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak, ibu-ibu, dan para remaja pun menggemari tarian ini.

Pada awalnya, tari Poco-poco hanya dikenal di lingkungan TNI dan POLRI sebagai gerakan untuk senam irama. Baru kemudian pada saat stasiun TVRI menyiarkan program “Dansa Yo Dansa” tarian ini pun mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat. Saat ini, tarian tersebut telah berkembang pesat hingga memiliki sekitar 50 variasi gerakan. Iringan musiknya pun beraneka ragam, seperti musik poco-poco versi dangdut, disko, sampai cha-cha.

Gerakan Tari Poco-poco sendiri mengambil unsur-unsur gerakan dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu pada tarian ini dapat kita jumpai gerakan seperti melempar lembing, melepas panah, dan sebagainya. Umumnya gerakan tarian ini meliputi dua langkah kecil ke kanan, kembali ke tempat, lalu mundur dua langkah ke belakang, kemudian maju ke depan sambil berputar, dan begitu seterusnya.

Lagu pengiring tarian ini berasal dari Maluku yang juga berjudul “Poco-poco”. Lagu ini diciptakan oleh pencipta laguasal Ambon yang bernama Arie Sapulette dan dinyanyikan oleh penyanyi terkenal, Yopie Latul. Gayanya yang khas dan suaranya yang merdu membuat lagu Poco-poco ini digemari berbagai kalangan.

Ada kisah percintaan dibalik lirik lagu Poco-poco sendiri. Berawal dari sang pencipta Arie Sapulette yang terpikat dengan kegemulaian dan kelincahan seorang gadis yang sedang menari. Secara spontan Arie pun membuat sebuah lirik lagu dari melodi gendang yang sedang mengiringi sang gadis tersebut. Adapun lirik lagu Poco-poco yang berbunyi:


Balenggang pata pata
Ngana pe goyang pica pica
Ngana pe bodi poco poco
Cuma ngana yang kita cinta
Cuma ngana yang kita sayang
Cuma ngana suka bikin pusing

Yang dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti:

Jalan berlenggak lenggok
Goyangan badanmu gemulai
Bentuk tubuhmu indah berisi
Hanya kamu yang aku cinta
Hanya kamu yang aku sayang
Hanya kamu suka buat aku pusing

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!